Sunday, March 16, 2008

To Shanghai, To Shanghai

waktu masih kerja di hotel, gue sempet melanglang asia. nggak melanglang juga sih, wong cuma seputaran 4 negara doang..kekeke.

sempet ke singapur, karena kita ada rep office disana. sempet ke vietnam en malaysia karena kita ada hotel disana.

biasanya ada annual conference en tiap hotel tuh digilir buat jadi host-nya. dan sebagai miss sekre (miss ya, soalnya dulu kan belom married...hehehe) yg baik, gue kudu ngikut nemenin babe tercintah buat taking minutes meeting-nya.

pertama kali travelling, semangat banget. senangnyaaaaaaa, gue pikir bisa mixing business with pleasure gitu kan. tapi after a while, mulai deh banyakan nggak enaknya daripada enaknya.

mantan boss tercintah tuh amat sangat workacholic. kalo lagi meeting pun, dia bisa nyambi ngerjain yg laen (meaning : nelponin head office di spanyol yg beda 6 jam lebih lambat dari kita), ngurusin owner, ngurusin hot cases kalo lagi ada something happen).

sebagai imbasnya, kenalah gue sebagai miss sekre yg setia, sabar en tahan banting (hahaha). kena repotnya, kena bete2nya dia kalo dia udah kecapekan, kena imbas perfeksionis nya dia.

pernah loh, meeting di hanoi. anggota kontingen yg laen mah udah sibuk blanja blenji en jalan2 seputaran hanoi abis meeting, sedangkan gue stuck di kamar, ngerjain minutes meeting, walaupun abis itu jalan2 juga sih.

kalo begadangan di hotel sampe jam 3 pagi, ngerjain minutes meeting mah udah biasa banget deh.

so, bayangan indah untuk travelling en shopping2 udah gue kubur dalem2 sejak business trip gue yg kedua..hahaha, udah patah semangat duluan ngebayangin begadangannya.

kalo di bali pun, jangan harep bisa enjoying the sea breeze and the beach n so on deh. abis meeting, masuk kamar ngerjain minutes en besoknya pulang balik ke jakarta.

biasanya sih org hotel sana pada nawarin gue untuk extend 1 more day after the meeting so i could go out and have fun. tapi kesannya kok kayak abusing the privilege en udah kangeeennn sama pacar waktu itu..hahaha

terahir business trip tuh justru yg terjauh (masih di seputaran asia juga kok...nggak jauh2 amat ya). i went to shanghai for the opening of the new rep office there.

udah married tuh waktu itu, untung belom lagi pregnant. seminggu peginya, en brasa beraaaattt banget, musti ninggalin hubby bo, secara kita baru married pula.

seneng juga sih bisa ke shanghai. sebelum pegi, udah rajin browsing2 gitu deh..hehehe, nyari tempat shopping yg murah, transport nya kayak gimana, di deket hotel ada apa aja en so on. karena gue bukannya ke sana untuk nemenin babe meeting, so i figured gue bisa lah nyuri2 waktu dikit.

sebelum pegi, udah high expectation banget tuh. shanghai kan lagi booming banget, kesannya semuanya serba wah en canggih gitu kan. tapiiiiii...hmmmmm, rada2 jauh dari expectation gue ya

pegi kesananya sih menyenangkan sekali. diterbangin pake SQ. eco class sih, tapi SQ getho loh...lumejen bangets. jarak jkt-shanghai jadi nggak brasa soalnya in-flight enterntainment nya banyak.

brangkat dari jkt jam 06.20 pagi. transit bentar di spore, trus jalan lagi jam 10-an. nyampe sana around 4 pm, and i was soo excited to find out how the city is and how the people are.

first impression gue about the airport : it's sooo acak adul. di immigration tuh, queuing nya panjaaaaaang banget. udah diwanti2 sama boss gue, cuman gue nggak nyangka separah itu.

mending kalo cuma panjang tapi tertib. org2 disana tuh, gue nggak ngerti deh, sorry to say, they have no understanding of the queuing concept at all.

pas nyampe, gue yg bengong dulu, cuma bisa ngeliat lautan manusia yg bediri2 en berusaha ngerangsek ke depan tanpa aturan sama sekali. tapi masih dengan spirit of ngantri, gue keukeuh mencari2 line antrian yg bener.

pas gue pikir gue udah ngantri di tempat yg bener, tiba2 gue ditubruk aja gitu sama cowo shanghai berbadan tinggi yg sibuk ngobrol di hape. udah mana gue imut2 begini kan...kekeke. wah, asli deh, langsung terdesak dan terlempar aja gitu gue ke tempat laen.

en u think that guy would actually look down n apologize or at least said sorry or excuse me ? nooooo....kayak nggak ada apa2 aja gitu. mungkin saking pendeknya gue en tingginya dia, dia bahkan nggak nyadar ya kalo dia nubruk gue.

udah gitu, di pesawat tuh kan kita pada dikasih embarcation card to enter shanghai yg kudu diisi. selaen itu, ada 1 lembar lagi buat ngisi ttg avian flu. disitu kita musti nulis kita pernah kena bird flu apa nggak en ada beberapa pertanyaan aneh bin konyol yg menurut gue kurang beguna gitu deh. lha gimana mau beguna, lembaran itu nggak diperiksa sama sekali ya. pas kita di immigration, cuma dipelototin sebentar abis itu dikasih jalan deh...kekeke

di airport, gue dijemput sama laura, secretary yg in-charge di sana. dianterinlah sampe ke hotel radisson di area pudong.

hotelnya lumayan lah...not so bad. tapi FO nya, bell boy nya, door man nya, semuanya belepotan banget enggrisnya. kacau banget kan.

untungnya, jarak office ke hotel radisson nya cuma walking distance. nangis bombay deh gue kalo kudu nge-cab. kalo org hotelnya aja nggak gape cas cis cus enggris, gimana blue collar workers nya kan ?

dan emang bener banget tuh, ketakutan gue terbukti. dari semua cab yg gue naikin, all of them cannot speak english laaaa. trus, mereka juga cuman bisa baca tulisan chinese gitu. so, kemana mana gue berbekal card key holder hotel gue karena disitu ada nama radisson in chinese aksara. waktu itu sih, kemana mana gue ditemenin sama laura. tapi dasar niat banget menjelajah en shopping, jadilah gue sempet naek taxi sendirian.

jadi shanghai tuh ada 2 area, pudong n puxi. pudong tuh area baru, kebanyakan buat residential en hotels. pusat keriaan nya justru ada di puxi. jadi 1 day, abis meeting sama travel agent di starbucks di puxi area, gue bilang sama laura, udah deh, gue pulang ndiri aja, soalnya gue pengen jalan2 bentar.

alhasil, ditinggal sendirian lah gue. rada mengecewakan sih. mungkin karena gue juga totally blind sama citynya, nggak kayak spore yg kayaknya udah brasa homy banget (wekks..homy...wong kesana bisa diitung jari..kekeke, sok lu Pi...hahaha). so, i couldn't really find a good mall where i could shop wisely, meaning harganya yg nggak mahal2 gitu. tapi blanja juga sih akhirnya, walaupun nggak memuaskan.

naaahhh...sekarang challenge nya nih. pulang naek taxi sendiri. udah nunggu taxi nya lamaaaaaa banget dan waktu sudah merambat naik menjelang malam tuh (kebanyakan baca novel kan gue ya..kekeke). akhirnya dapet juga nih 1 taxi. waktu gue mengacung-acungkan key card holder gue, eh dia malah geleng2 sambil bilang : bu dung, bu dung"..waduh, dia nggak ngerti tuh hotel ada dimana gitu...apes lagi deh gue.

sampe pada akhirnya bejodoh juga nih sama 1 taxi. udah duduk manis di belakang, eh dia trus ngaku kalo dia nggak tau sama sekali radisson hotel tuh ada dimana. asli deh, udah mau nangis banget. mana sereeeemmm sama supir taxi nya, soalnya bodynya gede gitu. eh, tapi ternyata malah gue dapet supir yg bae banget. dia trus sibuk nelponin temen2-nya, minta pengarahan dimanakah radisson itu berada. gini2, gue ngerti dikit2 lah sama bahasa dewa mereka. dan akhirnya sampailah gue dengan selamat di hotel

o iya, did i mention kalo supir taxi di sana semuanya brangasan banget. mereka tuh ngebut sengebut ngebutnya, nyetir mobil udah kayak dikejar setan. haduhhh...asli deh, gue tuh yg shock, ketakutan and pegangan sama jok mobil (saking nggak ada alat lain yg bisa dijadiin pegangan tuh...huhuhu).

udah mana mereka semaunya aja tuh, no manner. kalo ngomong kagak ada ramah2nya. kan laura kasian liat gue ketakutan, trus dia complain ke supir taksinya in mandarin language. eh, sama tukang taksinya malah dibentak yg intinya : kalo nggak suka cara gue nyetir, turun deh lu...kekeke, gila kan.

trus ada juga kejadian pas kita nge-cab dari bank. supirnya masih anak muda gitu. trus panasan banget. cara duduknya kayak supir mikrolet kita gitu, dengan tangan nyender di jendela en pinggang mencong ke pintu. trus demen banget sama klakson. dikit dikit tin tin tin...sambil nyumpah2...huaaaa....nyeremin banget. mana nyetirnya grasa grusu gitu. semua org diajak ribut.

adalagi kejadian laen nih. gue en laura abis meeting sama interior designer. trus dianya yg berbaik hati gitu mau nganterin kita balik ke office pake driver en mobilnya dia. dengan senang hatiiiiiii banget gue menerima, secara gue udah kapok naik taxi di shanghai, tapi apa daya, mau nggak mau emang kudu nge-cab.

so, duduklah dengan manis dong gue en laura di belakang. baru mau belok keluar ke jalan gede nih, tiba2 di *gabruk*...pintu taksi gue ditubruk aja gitu dari samping, di sisi tempat gue duduk dengan manisnya itu. dan terjadilah kecelakaan lalu lintas, sodara2. turunlah driver mobil yg gue tumpangin itu. turunlah juga driver yg nubruk. dan marah2-lah mereka dengan seru, saling memaki dalam bahasa dewanya. nggak jelas sapa yg salah sapa yg bener. untungnya jalanan emang lagi macet, jadi tubrukannya tuh cuma kayak nyenggol aja. nyenggol yg lumayan kenceng en brasa juga tuh tapinya.

gila bener kan. turun lagi deh gue en laura, nge-cab lagi deh judulnya. amsiong pisan deh. setelah gue denger dari laura, ternyata traffic accident tuh common banget. happens everyday...kekeke.

balik ke masalah antrian tadi, ada lagi 'kasus' yg terjadi di hadapan gue yg bikin gue terpana dan terkaget2. kan gue en laura lagi nunggu cab siang2, emang pas lagi peak hour, pas lagi lunch time. nunggu taxi di shanghai tuh kayak di jkt. nggak ada tempat pastinya, jadi kita nungu aja di tepi jalan. nggak cuma kita, tapi ada a bunch of people.

trus pas ada 1 cab kosong yg melambat, yg bediri paling deket ke cab itu tuh ibu2 bawa shopping bags gitu. dia udah buka pintu nih, udah tinggal masuk ke cab, tapi dia ngebenerin letak shopping bag nya dulu. en u know what, di sepersekian detik dia lengah, lansgung cab nya disamber sama seorg cowo dengan baju esmud gitu. trus, melaju deh cab nya. tinggal si ibu marah2 nggak karuaa. en laura said : it happens a lot ...my gosh.

trus, yg bikin gue nggak betah juga is the food. all is sooo oily and all is sooooo porky...kekeke. not that i don't eat pork, tapi kalo keseringan, males juga ya.

well, pokoknya after 1 day disana, homesick langsung dey gue. mana pas pulang pake acara delay segala lagi.

flight dari shanghai take off nya around 12 noon gitu. trus connecting di spore so gue rencananya nyampe di jakarta on the same day. udah bela-belain cepet2 blanja di carrefour pudong supaya nggak ketinggalan pesawat. eh, taunya di airport, malah dapet announcement kalo SQ-nya delay sampe 4 jam !!! 4 jam !!! gila kan.

untung naek SQ, jadi meals and beverage pas nunggu terjamin. untung juga airport pudong nya banyak shops, so boros pisan dey gue. 4 jam itu gue puas puasin window shopping en shopping beneran ...kekeke

udah marah2 tuh, delay kok ya sampe 4 jam. passengers laen juga pada marah2. trus saling ngobrol gitu dey. pas ngobrol sama pasangan bule aussie, barulah gue tau kalo delay nya gara2 kabut asap di negara kita..hahaha...waaah, asli deh malu banget. untung belom sempet ngaku dari indo. jadilah gue ngaku dari spore..hahaha, pake logat cinpur deh gue. daripada nggak enak ati en ditimpukin org. soalnya ada beberapa passengers bule lainnya yg udah mulai bekoar koar nggak enak gitu dey about our beloved country ini (deee...kaga dibayar negara nih gue...hahaha).

alhasil, gue nyampe ke jakarta bukannya malem itu juga, tapi besok paginya. musti diinepin sehari di spore. sampe di spore, trenyuuuh banget melihat dan merasakan keramahan org spore...kekeke, gila kan, padahal org spore itu masih dianggap kurang ramah, tapi saking gue baru pulang dari shanghai yg lumayan sadis itu, gue jadi brasa org spore tuh ramah banget.

abis beli medicine di drug store airport, sama auntie nya dibilangin : xie xie, xiao tjie. man man cou le...." haiyooo...brasa gimana gituu"

sedangkan di book store di pudong airport, pas mau beli buku buat mama mertua en nanya bukunya mengenai apa (soalnya all in mandarin), sales lady nya juteksss banget...huhuhu.

balik dari shanghai, asli deh gue jadi lebih appreciate sama supir taksi di jakarta. separah-parahnya mereka, menurut gue sih masih lebih parah cab drivers nya shanghai ya. so,. hidup supir taksi jakarta (hahaha, apaaaa siiih) !!!

3 comments:

Felicia said...

waaa...Pia, loe berani banged pergi2 sendirian di negara yang pake bahasa dewa, salut! Kalo gw mgkn mesti gandeng trus tuh si Laura...hahaha...

Arman said...

wuii parah ya...
tapi gua dari dulu gak pernah kepengen pergi ke china. keliatannya emang kurang ok dah.. hehehe

piabo said...

feli : iya, brani sih brani, tapi jiper juga tuh waktu ngga dapet2 taksi. sebenernya mungkin bukan ke brani, tapi lebih ke semangat shopping murah en jiwa adventour yg menggebu gebu..kekeke

arman : iya tuh, emang kurang oke banget. asli deh, org nya (kebanyakan) kasar2 banget