Friday, February 1, 2008

When Ethan Was Born

untuk memenuhi permintaan Jeung Nat , jadilah gue menceritakan ttg proses lahiran ethan. padahal kayaknya Jeung Nat cuman nanyain ttg dokter kandungan kita yg meni kasep pisan...kekeke, alias dr. Tjien Ronny (disingkat TR aja kali ya). tenang deh Jeung Nat, ntar we'll get to the point kenapa gue bilang dokter kasep itu bae banget.

masuk kandungan 8 mos, udah mulai berpikir2 masak2 tuh, mau normal or C-section ya. gue tuh termasuk tipe org yg takut sakit banget (tapi herannya kalo sama jarum suntik sih biasa aja). so, mendengar betapa 'horrific'nya melahirkan normal, jiperlah gue. to me, the idea of delivering a baby of 3 kgs something thru a woman's V is absolutely overwhelming.

eniwei, sebenernya hubby pengennya gue normal (mikir duitnya kali yaa...hahaha), tapi sangking mgeliat gue emang jiper banget, mengalahlah dia. udah mana lagi, bokap mertua gue bae banget en malah blio yg encourage gue to do C-section (my dad-in-law said to my hubby, katanya nggak enak kalo ngomong langsung sama guenya : "si Pia nggak tahan sakit kayaknya, sudahlah, C-section aja ...me : huhuhu...thanks, Dad...'wink wink')

tapiiiii, saking gue juga penasaran orgnya. so, gue tuh masih yg antara pengen normal or c-section. pengen tau seberapa sih sakitnya pembukaan...(halah...pake nantangin segala lagi..kualat lu, Pi...kekeke)

eniwei, pas minggu ke-39, tiba2 kok gue bentol2 ya. bentol2 nya itu pertama2 cuma di paha atas. udah panik tuh, soalnya abis makan udang beli di Carrefour, kita pikir apa udangnya udah nggak fresh ya...padahal before kalo makan apa aja mah nggak ada masalah.

ditunggu sampe besok, waduh...kok bentol2nya mangkin parah yaa ? menyebar ke tangan, perut en punggung...huaaa...bete, bete, bete...

buru2 lah kita ke dr. TR. sama blio diliat en dibilang 'wah, ini bawaan baby. kamu untung (weks..untung ??!!) nih, happennya pas udah mau lahiran. ada loh, pasien gue yg bentol2 begini pas baru 4 bulan"

trus pas di USG, diliat ternyata air ketuban gue rada keruh. ditanyalah sama dr. TR, mau tunggu or mau C-section aja ? soalnya takutnya tambah keruh en nggak bagus buat baby nya. pas gue tanya kenapa bisa keruh (padahal gue banyak minum air putih loh), TR bilang : it could be many factors. could be juga baby lu udah pupup nih di dalem (huaa..ethan nggak sopaaannn...hahaha)

kata TR nggak bahaya sih (that's why dia memberikan option wait for one more week) cuman gue musti trus pantau gerakan ethan di dalem. saking gue tuh emang org nya senyoan en paling benci sama uncertainty, gue langsung mau c-section, tapi TR bilang better wait first lah, nggak bahaya kok, masih bisa kok.

yo wis, ikutin kata dokter kasep dong. tapi day by day, gatel2 semakin menyiksa en gue malah tambah senyo, soalnya kemana mana jadi bawa notes kecil, trus nyatetin jam sekian, berapa kali kicking n so on...gila kan, saking gue takut di di dalem napa2.

akhirnyaaa...di tgl 10 sep pagi, gue decided to do c-section. it was monday morning. gue called dr. TR di sunday afternoon. udah pasrah dimarahin tuh...bisa aja dong dia bilang " dadakan banget sih ?!". tapi, dia malah yg ngertiin banget en nyuruh gue call Family hospital to book the operation room.

besok paginya, jadilah gue meluncur ke Family untuk lahiran. book nya buat yg jam 8, kalo ngagk salah. jam 6 lewat dikit, gue udah nyampe.

ketemu susternya, langsung dibawa ke ruangan to do CTG to monitor the baby's heartbeat. rada senyo (again ??!!...heheh, gue emang ratu senyo sih..kekeke), soalnya kan katanya air ketuban udah keruh. udah mana, pengalaman temen gue, Erica, dia tuh pas di CTG, sempet nggak kedetect heartbeat baby nya, serem banget kan..untungnya nggak papa tuh.

eniwei, thanks God, ethan's hearbeat at that time was normal and strong. the sound was amazing (Jeung Nat..lu bakalan overwhelmed deh...it was such a heavenly amazing sound)

kelar CTG, dibawalah gue ke ruangan pasca operasi. setelah berganti surgery gown, gue disuruh lie down buat diambil darahnya, soalnya gue ikutan Cord Life (diceritain kapan2 aja ya)

abis itu, eng ing eng...didorong masuklah gue ke OR alias Operation Room. dingiiiinnn pisan, gigi pada gemeletukan, tangan en kaki shivering, padahal normally gue org yg tahan dingin loh.

udah mana OR-nya tampak mengerikan lagi...kekeke, honestly i felt like being captured by a bunch of alliens and held as prisoner by them. dengan dibaringkan, tangan telentang ke samping kanan-kiri di atas meja OR di bawah lampu2 OR yg segede gede bagong...wah, gue bener2 berasa kayak mangsa alliens yg lagi mau dibedah ..kekekeke

i think i was experiencing the'out-of'body experience, where i felt like i was stepping out of my body and thought "O Gosh...i'm really doing this...i'm about to deliver a baby, i'm about to have someone being pulled out from inside of me..." to me, it was both beautiful and frightening.

then, datenglah dokter anestesi. since anestesinya bakal di-inject di punggung, gue dibantu duduk menekuk. udah menggigil nggak karu2-an. saking dinginnya, udah nggak sempet nanya sama dokternya, sakit nggak di-inject nya. denger2 , sakit kan tuh katanya. waktu itu cuma mikir : ok, let's get this done asap coz i really wanna see my baby boy"

eh, taunya nggak sakit tuh. cuma berasa di-cuzz sekali, tapi nggak sesakit yg people describe (ada yg bilang depends sama docternya sih, jago apa nggak)

after that, disuruh tiduran lagi dengan tangan terpentang. trus, nggak berapa lama, mulai baal deh di sekitar perut bawah and V. tapi waktu di-kateter , masih sempet berasa juga tuh...huhuhu

kemudian, datenglah dokter kasep itu.

TR : hi vi, selamat morning ! gimana nih ?
gw (dengan gigi gemeletukan : hi, doc...takut nih doc (hahaha...teuteup)
TR : nggak usah takut dong. cuman bentar doang kok, tenang aja, ntar gue jamin lu nggak berasa, tau2 anak lu udah keluar deh
gw (tetep dengan gigi gemeletukan) : .....ya...bener ya.....doc....(kekeke, udah pasrah deh)

kan ditutupin kain ijo tuh dari bates dada, so nggak keliatan, tappiiiii saking si lampu operasi ada 3 biji di atas gue en meni gede2 pisan, gue bisa ngintip dikit2 tuh, ngeliat perut gue diobrak abrik (loh, katanya penakut...hihihi). tapi cuman keliatan dari sisi depannya doang, so nggak keliatan semuanya lah

si TR kedengerannya (soalnya kan gue nggak keliatan, so cuman kuping yg bisa bekerja...hehehe) relax banget en really knows what he's doing (ya iya lah,...gimana seh..kekeke), sempet ngobrol2 segala sama susternya (i think they all do ya)

trus, gue cuma ngedenger bunyi klontang2, nggak berasa sakit, tapi gue sadar kalo perut gue lagi dibelek en diobrak abrik (tetep berasa sih kalo ada piso nempel en ngiris, tapi ajaibnya nggak sakit...hidup penemu anestesi !)

the crazy thing was, gue berasa pas TR 'pull out' ethan from my tummy. and again, it was truly an amazing feeling. indeed gue nggak lahiran normal, tapi what i felt was no less than that..at least for me.

nggak lama abis itu, i heard the sound of baby crying. masih belom yakin nih, dan gue udah rada setengah teler, tapi masih sempet nanya ke dokter anestesi yg bediri deket gue (dia juga bae banget loh, sayang gue lupa namanya siapa).." dok, is that my baby ?"
udah lupa deh gue berbahasa indonesah...(halah...gaya banget pan gue..kekeke). en dokter anestesinya bilang : "iya bu, itu anak ibu"...loohh, ditanya pake bahasa enggris dan dijawab pake bahasa indonesah....kekekeke)

trus denger TR bilang : "tuh, vi, udah lahir, cakep tuh vi anak lu....sekarang gue beresin perut lu dulu ya".
gue cuma iya iya doang..tapi masih teler dan mikir "mana anak gue neh ?"

nggak lama sesudah itu, dokter anak yg juga standby, bawa anak gue en ngasih liat ke gue supaya bisa di-kiss. ngomongnya begini kira2 :

pediatrician : "nih, bu, ini anaknya. laki2, sehat dan lengkap semuanya. selamet ya bu".

my baby ethan was still crying at that time

and i kissed him...God, it was such an incredible moment. nangis deh gue waktu nyium forehead nya ethan...he was the most beautiful tiny creature i've ever seen....

trus, abis itu, bertambah teler deh gue, dan udah nggak begitu tau lagi perut gue diapain sama TR. perasaan ngantuuuukk banget.

mo tau kebaikan si dokter kasep pisan itu ? bersambung yaaaa

4 comments:

nat said...

wuiih gila, takju gue baca critanya :D

elu sempet IMD gak? tus asi kluar gak?
ayo crita yg lengkap dong hahaha...

Felicia said...

Pia, loe ikutan cordlife selama berapa taon jadinya? gw dulu kepikiran mo ikutan, tapi ga kuat mahalnya tuh... disini ikutnya selama 18 taon :(

piabo said...

nat : nggak tuh, nggak IMD. asi kluar susah banget dan itupun cuma 1.5 bulan,..sedih banget nat. padahl udah pake beragam cara.

felicia : ikutan cordlife-nya yg standard, yg buat 20 years

sebenernya mahalnya pas initial cost nya doang kok..around 2000 SGD. abis itu tinggal maintaining aja tiap taun SGD 250.

lu tinggal di singapore kan ?

Felicia said...

Iya, yang mahal cost pertamanya gitu, trus maintainnya kyknya disini per bulan deh bukan per taon, mana tahan...hehehe...
Gw sekarang di canada bukan sg :)